Pengertian Dan Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data
Berikut
ini Rumus-Rumus microsoft Excel.
Untuk memasukkan rumus pada Microsoft Excel harus diawali dengan memasukkan
tanda sama dengan (=) dilanjutkan dengan menuliskan rumus yang akan digunakan
Operator matematika pada Microsoft Excel :
Operator matematika pada Microsoft Excel :
^
: Pangkat
/ : Bagi
* : Kali
- : Kurang
+ : Tambah
Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=)
FUNGSI STATISTIK
COUNT : Menentukan banyaknya data, ex. = COUNT(A1;A6) atau = COUNT(A1..A6), yaitu
menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6.
SUM : Menentukan total / jumlah data, ex. = SUM(A1;A6) atau = SUM(A1..A6), yaitu
menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6.
AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata, ex. = AVERAGE(A1;A6) atau = AVERAGE(A1..A6),
yaitu menentukan rata-rata data dari sel A1 – A6.
MAX : Menentukan nilai tertinggi, ex. = MAX(A1;A6) atau = MAX(A1..A6), yaitu mencari
data tertinggi dari sel A1 sampai A6.
MIN : Menentukan nilai terendah, ex. = MIN(A1;A6) atau = MIN(A1..A6), yaitu mencari
data terendah dari sel A1 sampai A6.
ALAMAT ABSOLUT
Untuk mendapatkan alamat yang tetap/mutlak meskipun kita copy kearah manapun, dengan cara memberi alamat absolut pada baris atau kolom yang diinginkan. Dengan cara kita tambahkan tanda $.
FUNGSI LOGIKA
Macam-macam logika adalah : =, <, >, <=, >=, <>
Bentuk umum =IF(X=n,A,B)
Dimana x: merupakan sel kondisi
n: isi kondisi/syarat
A: jawaban benar
B: jawaban salah
/ : Bagi
* : Kali
- : Kurang
+ : Tambah
Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=)
FUNGSI STATISTIK
COUNT : Menentukan banyaknya data, ex. = COUNT(A1;A6) atau = COUNT(A1..A6), yaitu
menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6.
SUM : Menentukan total / jumlah data, ex. = SUM(A1;A6) atau = SUM(A1..A6), yaitu
menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6.
AVERAGE : Menghitung nilai rata-rata, ex. = AVERAGE(A1;A6) atau = AVERAGE(A1..A6),
yaitu menentukan rata-rata data dari sel A1 – A6.
MAX : Menentukan nilai tertinggi, ex. = MAX(A1;A6) atau = MAX(A1..A6), yaitu mencari
data tertinggi dari sel A1 sampai A6.
MIN : Menentukan nilai terendah, ex. = MIN(A1;A6) atau = MIN(A1..A6), yaitu mencari
data terendah dari sel A1 sampai A6.
ALAMAT ABSOLUT
Untuk mendapatkan alamat yang tetap/mutlak meskipun kita copy kearah manapun, dengan cara memberi alamat absolut pada baris atau kolom yang diinginkan. Dengan cara kita tambahkan tanda $.
FUNGSI LOGIKA
Macam-macam logika adalah : =, <, >, <=, >=, <>
Bentuk umum =IF(X=n,A,B)
Dimana x: merupakan sel kondisi
n: isi kondisi/syarat
A: jawaban benar
B: jawaban salah
Microsoft Excel
Selain
mengolah angka, Excel juga bisa digunakan untuk membuat grafik.
Dengan
perangkat lunak yang bernama MS.Excel ini kita akan mampu melakukan operasi
aritmatika
(perhitungan) seperti berikut.
•
Penjumlahan
•
Pengurangan
•
Perkalian
•
Pembagian
• Pembukuan
•
Proyeksi
•
Presentasi
•
Analisis
•
Pembuatan Grafik
Untuk
orang-orang yang bekerja di perusahaan, kantor-kantor, sekolah-sekolah, dan lain-lain,
rata-rata memakai MS. Excel untuk mengolah data-data.
Menu
dan Ikon
1. Menu
Menu yaitu perintah-perintah untuk menjalankan MS. Excel, dimana menu
itu tidak langsung
terlihat
dia tersembuyi, tersembunyi di sini maksudnya tidak langsung ditunjukkan atau
dilaporkan
secara keseluruhan tetapi
harus dengan mengikuti tahap demi tahap.
2. Ikon
Ikon adalah menu pilihan berupa tombol-tombol yang diberi simbol
untuk mewakili sebuah
perintah
tertentu.
Ikon
yaitu tombol-tombol perintah yang berupa gambar atau simbol yang digunakan untuk
menjalankan
suatu perintah dengan mudah dan cepat, khususnya perintah yang sering
digunakan.
Ikon-ikon ditampilkan di
baris toolbar.
Fungsi
Menu MS. Excel
1. Menu Office Button
Dalam
menu Office Button berisi perintah-perintah untuk mengolah data, maksudnya
kita
harus bisa membuat data, membuka data, menutup data, menyimpan data, mencari
data,
mencetak data dan lain
sebagainya. (New, Open, Close, Save, Save As).
Menu
dan Ikon
1. Menu
Menu yaitu perintah-perintah untuk menjalankan MS. Excel, dimana menu
itu tidak langsung
terlihat
dia tersembuyi, tersembunyi di sini maksudnya tidak langsung ditunjukkan atau
dilaporkan
secara keseluruhan tetapi
harus dengan mengikuti tahap demi tahap.
2. Ikon
Ikon adalah menu pilihan berupa tombol-tombol yang diberi simbol
untuk mewakili sebuah
perintah
tertentu.
Ikon
yaitu tombol-tombol perintah yang berupa gambar atau simbol yang digunakan untuk
menjalankan
suatu perintah dengan mudah dan cepat, khususnya perintah yang sering
digunakan.
Ikon-ikon ditampilkan di
baris toolbar.
Fungsi
Menu MS. Excel
1. Menu Office Button
Dalam
menu Office Button berisi perintah-perintah untuk mengolah data, maksudnya
kita
harus bisa membuat data, membuka data, menutup data, menyimpan data, mencari
data,
mencetak data dan lain
sebagainya. (New, Open, Close, Save, Save As).
2. Menu Home
Menu
Home, berisi perintah-perintah untuk melakukan pengeditan buku kerja atau
file,
Toolbar Formating
Toolbar
Drawing
0 comments:
Post a Comment